Pengobatan Tradisional Sapi Kembung Secara Alami dan Aman

Pengobatan Tradisional Sapi Kembung
Pengobatan Tradisional Sapi Kembung Secara Alami dan Aman

Sapi kembung adalah penyakit yang sering menyerang ternak terutama sapi dan harus ditangani dengan segera karena dapat berakibat fatal seperti kematian. Berikut akan kita bahas pengobatan tradisional sapi kembung yang telah terbukti khasiat nya karena sudah menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang kita. Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu tentang penyakit kembung pada sapi ini.

Sapi Kembung

Sapi dapat mengalami kembung karena beberapa faktor seperti makanan, minuman, penyakit pencernaan atau bahkan karena keracunan sehingga terjadi penumpukan gas yang sangat berlebih pada rumen sapi.
Sapi Kembung

Penyebab Sapi Kembung

1. Makanan

Terlalu banyak memakan makanan yang mudah di fermentasi oleh rumen seperti dedaunan muda, legum segar, atau kosentrat yang terlalu tinggi akan kandungan protein. Makan jenis ini akan dipecah oleh mikro organisme di rumen sapi dengan cepat sehingga akan menghasilkan gas atau busa yang dapat menjebak gas tersebut dalam proses pencernaan.

2. Pola Makan

Mengatur pola makan sapi secara runtin dapat membuat sistem pencernaan sapi memiliki jadwal tersendiri secara otomatis, sehingga sistem pencernaan sapi dapat dengan mudah mengolah jenis makanan dan pada waktu tertentu. Jika terjadi perubahan pola secara tiba-tiba misalkan sapi terbiasa memakan makanan kering tiba-tiba diberika makanan hijau segar, maka pencernaan sapi akan secara tiba-tiba mengandung banyak air serta mikro organisme yang terbiasa memakan makanan kering tidak terbiasa memakan makanan hijau sehingga akan menghasilkan gas yang berlebih makanan hijau ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

3. Keracunan

Perlu hati-hati saat anda mencari pakan untuk sapi, terutama mencari rumput liar (bukan tanaman sendiri). karena bisa jadi rumput tersebut telah disemprot bahan kimia oleh orang lain karena lahanya ingin dibersihkan. Lebih baik anda menanam jenis-jenis rumput yang mudah tumbuh dengan panen melimpah secara mandiri sehingga pakan untuk ternak anda lebih terjamin.

Gejala Sapi Kembung

Serbagai peternak anda harus tanggap akan kondisi sapi anda, karena kembung pada sapi tidak dapat disepelekan. Berikut adalah gejala kembung pada sapi yang perlu anda ketahui :
  • Perut bagian kiri membesar dan keras.
  • Sapi terlihat gelisah, terkadang menendang-nendang perunya sendiri.
  • Terlihat sulit bernapas dan terkesan ngos-ngosan (napas cepat).
  • Nafsu makan menurun.
  • Produksi susu menurun.

Pengobatan Tradisional Sapi Kembung

Untuk pengobatan secara tradisional anda dapat menggunakan bahan-bahan alamai berikut.

1. Minyak Nabati

Minyak nabati obat kembung sapi
Minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak sawit, atau minyak kedelai dapat membantu mengeluarkan gas dari perut sapi. Campurkan 2-3 liter minyak dengan air hangat dan berikan kepada sapi melalui mulut.

2. Jahe
Parutan Jahe obati sapi kembung

Jahe memiliki sifat karminatif yang membantu melancarkan pencernaan dan meredakan kembung. Parut jahe secukupnya dan campurkan dengan air hangat. Berikan ramuan ini kepada sapi melalui mulut.

3. Mentimun
Parutan Mentimun Obat Kembung pada sapi

Mentimun memiliki efek diuretik yang membantu mengeluarkan gas dan air dari tubuh sapi. Berikan 2 buah mentimun yang telah diparut dan dicampur dengan garam dapur, asam jawa, terasi, dan air secukupnya kepada sapi.

4. Daun Pepaya
Rebus Daun Pepaya Obat kembung sapi

Daun pepaya memiliki enzim papain yang membantu pencernaan protein dan meredakan kembung. Rebus daun pepaya dan berikan air rebusannya kepada sapi.

5. Soda Water
Soda tawar untuk kembung sapi

Soda water atau sering disebut soda tawar dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengeluarkan gas dari perut sapi. Campurkan soda water dengan air hangat dan berikan kepada sapi melalui mulut. Soda tawar misalnya Fanta tawar atau Sprite tawar.

Tips Mencegah Kembung pada Sapi

  • Hindari memberikan pakan yang mudah berfermentasi seperti rumput basah atau konsentrat tinggi, lebih baik anda berikan makan sesuai anjuran dinas peternakan.
  • Berikan pakan secara bertahap dan teratur.
  • Pastikan sapi memiliki akses ke air minum yang bersih dan segar serta cara pemberian minum yang tepat.
  • Berikan sapi kesempatan untuk bergerak bebas dan berolahraga.
Penting!
Jika sapi menunjukkan gejala kembung yang parah, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kesimpulan

Pengobatan tradisional sapi kembung dapat menjadi solusi alami dan aman untuk mengatasi masalah ini. Namun, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.
LihatTutupKomentar
histats